warung nyepit

google translate

#Sponsor Link Tilter
#Sponsor Link Tilter

GADIS CILIK 10 TAHUN SANG PENEMU SUPERNOVA
Wednesday, January 12, 2011 4:09 AM


Seorang  gadis asal Kanada berumur 10 tahun menjadi penemu termuda  sebuah  supernova atau bintang yang meledak. Demikian menurut Asosiasi   Astronomi Royal Kanada (RASC).

 Gadis  bermata tajam bernama Kathryn  Aurora Gray dari Fredericton di provinsi  timur New Brunswick itu  menemukan sesuatu yang langka pada Minggu lalu  sewaktu dia menyisir  puluhan hasil pencitraan konstelasi bintang  secara teleskopik di galaksi  yang sangat jauh.
 "RASC  dengan senang mengumumkan penemuan sebuah  supernova oleh seorang ahli  astronomi amatir berumur 10 tahun sehingga  menjadi yang termuda yang  dapat menemukan supernova," kata asosiasi itu  dalam pernyataannya.
 Sewaktu  mengamati supernova 2010lt di rasi  bintang Camelopardalis di galaksi  yang berjarak 240 tahun cahaya dari  Bumi, Gray segera memberitahu  ayahnya, Paul, yang merupakan ahli  astronomi amatir.
 Penemuan  itu kemudian dibuktikan oleh dua ahli  astronomi Amerika Serikat  sebelum dilaporkan ke Badan Pusat Gabungan  Astronomi Internasional bagi  Telegram Astronomi.
 Supernova   merupakan bintang raksasa yang kehabisan bahan bakar dan hancur akibat   beban dari gravitasinya sendiri. Supernova menjadi obyek sangat padat   yang dikenal sebagai bintang neutron.
 Kemudian, mereka mengeluarkan gelombang kejut yang meledakkan bintang tersebut dan menghasilkan lingkaran radiasi yang bergetar.
 Kejadian   luar biasa itu merupakan fenomena yang sangat menakjubkan bagi para   ahli perbintangan dan dapat diketahui ketika ledakan bertenaga besar   menciptakan cahaya dramatis, yang akhirnya memudar.
 Sungguh  fantastis, seorang gadis cilik menemukan sesuatu yang sangat langka, di  samping juga itu adalah hal yang sangat penting di bidang sains, khususnya astronomi.

0 komentar:

Posting Komentar