warung nyepit

google translate

#Sponsor Link Tilter
#Sponsor Link Tilter

Tashawwur


Ehhmm.. apa itu tashawwur or tasawur?
Kayaknya pernah kenal ama tashawwur?
Kata tetanggaku yang lagi suka sukanya berbahasa inggris "what is tashawwur? Is it kind of food?"
 Sudah tidak asing lagi kata ini di telinga kita(mungkin malah asing, bagi yang baru pertama kali ini belajar mantiq).  tashawwur adalah pembuahan pikiran akan arti mufrad atau satu bagian. Atau tashawwur adalah mengerti satuan satuan.
Atau sederhananya tashawwur adalah dapat menggambarkan atau membayangkan mufrad.
Mungkin kebanyakan orang yang mempelajari mantiq khususnya pemula berfikir bahwa tashawwur ini adalah bagian dari mantiq yang paling mudah. Karena mereka berfikir, toh cuma gini aja q sudah ngelakuin ini dari sebelum tahu mantiq. Eits tunggu dulu sebenarnya ini adalah bagian yang sulit atau bahkan tersulit. Karena kita dituntut untuk mengetahui tashawur dari semua hal, tak terkecuali sedikitpun.
Dan manfaat mempelajari tashawwur atau tasawur atau tashawur adalah "menghindarkan kita dari salah faham atau dari sifat kementus or sok tahu" contohnya:
"Apa sih tashdieq itu cak? Kan pean kan dah kelas lima mma.."
"gini tashdieq itu adalah pembenaran jadi kalau kita bisa tashawur kita akan bisa tashdieq atau membenarkan"
(dengan gaya seperti calon dpr yang lagi janji")
Ya kayak gitu tu sok tahu itu.
Atau kayak gini:
"oh jadi ilmu mantiq itu kayak tajwid ya.. Cz ada bab syakal, bukankah syakal itu kharokat"
Atau gini
"kang apa itu dhorob dlam mantiq?"
"Dhorob adalah memukul"
Ya.. kalau bicara sama anak yang belum ngerti sih enggak apa apa, tapi kalau sama orang yang tahu apa, enggak malu...
Kalau tanya tentang itu aja sih enggak apa apa, kalau tannya tentang tauhid apa enggak membahayakan keimanan seseorang. Memang benar apa yang dikatakan oleh pak marshekhan kalau tashawwur itu yang paling sulit.
Untuk memahami tashawwur membutuhkan definisi, pengalaman dan membaca buku atau kitab yang membahas tentang apa yang difikirkan atau dibicarakan. Atau lebih tepatnya dengan memakai yang disebut "qoul-syaarih". Sedangkan qoul-syaarih adalah alat, perkakas atau cara untuk sampai pada tashowwur. Qoul-syaarih ini dapat berbentuk apa saja, artinya bisa berbentuk definisi, gambar ataupun sketsa. Dan tashawwur sendiri ada dua yakni dharrury dan nadhori. Tashawwur dharrury yakni untuk menggambarkan sesuatu tanpa diperlukan pemikiran atau secara reflek kita dapat membayangkan sesuatu itu atau memahami sesuatu itu dengan cepat dan gampang.contoh : api,panas,dingin,manis,asam,pahit,pedas dll.
Sedangkan tashawwur nadhory di perlukan pemikiran saat memahami sesuatu tersebut atau tidak bisa difahami kecuali setelah diangan angan terlebih dahulu seperti jiwa, akal, nafsu, sistem, dll.

daftar isi:

mantiq

0 komentar:

Posting Komentar