warung nyepit

google translate

#Sponsor Link Tilter
#Sponsor Link Tilter

    mantiq


apa ilmu mantiq itu?
Ilmu mantiq adalah ilmu yang digunakan sebagai alat berpikir jangan sampai cara berpikir itu keliru (syaikh abdur rahman bin muhammad al-akhdhory).
Sedangkan dalam ilmu filsafat sendiri mantiq bernama LOGIKA.
Dan logika berasal dari bahasa Yunani, dari kata sifat, 'Logike' yang berhubungan dengan kata benda logos yang berarti perkataan atau kata sebagai manifestasi dari pikiran manusia. Dengan demikian terdapatlah suatu jalinan yang kuat antara pikiran dan kata yang dimanifestasikan dalam bahasa. Secara etimologis dapatlah diartikan bahwa logika itu adalah ilmu yang mempelajari pikiran yang dinyatakan dalam bahasa(drs. Burhanuddin salam; Logika formal;h : 1)
Secara singkat dapat dikatakan : logika adalah ilmu pengetahuan dan kecakapan untuk berpikir lurus (tepat).

Sejarah logika/mantiq
Istilah logika pertama kali digunakan oleh nama logika untuk kali muncul pada cicero (abad 1 sebelum masehi) dalam arti seni berdebat. Alexander aphrodisias (sekitar permulaan abad ke 3 sesudah masehi) adalah filsuf pertama yang mempergunakan kata logika dalam arti ilmu yang menyelidiki tingkat kelurusan pemikiran manusia.
Dengan demikian pada prinsipnya logika/mantiq menjadi asas yang menentukan pemikiran yang lurus, tepat dan sehat.

Kegunaan ilmu mantiq
Ilmu mantiq,bagi pikiran, itu bagaikan ilmu nahwu bagi lisan, memelihara beberapa pikiran dari tergelincirnya kesalahan dan dari halusnya faham di samping itu juga digunakan untuk menguakkan/membuka tabir pengertian yang rumit(syaikh abdur rahman).Atau mantiq adalah alat atau dasar yang penggunaannya akan menjaga kesalahan dalam berpikir.

Lebih jelasnya, Mantiq adalah sebuah ilmu yang membahas tentang alat dan formula berpikir, sehingga seseorang yang menggunakannya akan selamat dari cara berpikir salah. Manusia sebagai makhluk yang berpikir tidak akan lepas dari berpikir. Namun, saat berpikir, manusia seringkali dipengaruhi oleh berbagai tendensi, emosi, subyektifitas dan lainnya sehingga ia tidak dapat berpikir jernih, logis dan obyektif. Mantiq merupakan upaya agar seseorang dapat berpikir dengan cara yang benar, tidak keliru.
Dan manfaat yang didapat orang yang belajar mantiq adalah membuat para pelajar mampu berpikir metodologis, analistis dan produktif untuk mengimbangi orang orang sekuler yang tidak mau terikat moral agama hegomonik.
Semoga bermafaat...
Wallahu a'lam..

Daftar isi:

mantiq
hukum memperdalam ilmu mantiq
jenis ilmu baru
tasawwur

0 komentar:

Posting Komentar