warung nyepit

google translate

#Sponsor Link Tilter
#Sponsor Link Tilter

Kind of ilm khadist( macam macam ilmu baru )


Apa itu ilmu?
Apa itu ilmu qadim?
Apa itu ilmu khadist?
Kata ilmu sudah tidak asing lagi dalam dunia pendidikan. Ada ilmu falak, ilmu pendidikan, ilmu jiwa dan lain-lain. Tapi apakah arti sebenarnya ilmu itu.
Ilmu ialah membuahkan pikiran akan arti dari sesuatu dengan persis. Atau sederhananya ilmu ialah pengetahuan. Kata gus ied ilmu adalah sesuatu yang kamu ketahui. Para ahli mantiq (mantiqiyyin) mendefinisikan ilmu sebagai berikut: Ilmu adalah gambaran tentang sesuatu yang ada dalam benak (akal). Benak atau pikiran kita tidak lepas dari dua kondisi yang kontradiktif, yaitu ilmu dan jahil (ketidak tahuan). Contoh : ketika di tengah perjalanan, kita melihat sebuah pohon yang berdaun merah, dan pada saat waktu itu  juga tertanam dalam benak gambaran pohon itu. Kondisi tersebut dinamak`n "ilmu". Sebaliknya, sebelum melihat pohon tersebut, dalam benak kita tidak ada gambaran itu. Kondisi ini disebut "jahil".
Ilmu itu terbagi menjadi dua yaitu:
1.ilmu qodim.
2.ilmu khadist.

  Ilmu qodim adalah ilmunya `llah ta'ala yakni pasti adanya, tidak pernah tidak ada dan tidak akan pernah tidak ada. Sesungguhnya dia mengetahui dzat-nya, tidak di tempat manapun dan tidak dilalui masa. Dia mengetahui, sesungguhnya kekuasaanya itu luas dan menyeluruh tanpa batas.

Ilmu khadist adalah ilmunya makhluk, ya.. Ilmu yang selama ini kita pelajari. Dan terbagi menjadi dua yakni:
Tashawwur dan Tashdieq.
Pembahasan keduanya pada artikel selanjutnya.
Semoga bermanfaat
Wallahu a'lam...

Daftar isi;

0 komentar:

Posting Komentar